kimia di sekita kita

KIMIA di SEKITAR KITA

Tahukah kalian bahwa di sekitar kalian terdapat berbagai bahan kimia ? hampir setiap saat kalian menggunakan bahan – bahan kimia itu. Berbagai bahan kimia telah memudahkan kegiatan kalian sehari – hari. Apakah kalian percaya hal itu ?

Benarkah kalian bernapas dengan bahan kimia ?
        Seberapa sering kalian bernapas ? pernahkan kalian menghitungnya ? ya, tepat sekali. Setiap saat kalian bernapas. Bahkan saat ini pun kalian juga sedang bernapas. Bukankah salah satu ciri makhluk hidup adalah bernapas ?
        Tahukah kalian apa yang dimaksud dengan bernapas ? bernapas adalah menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida dan uap air. Oksigen (O2), karbon dioksida (CO2)  dan uap air (H2O) terdapat di udara dalam wujud gas. Ketiga gas itu merupakan bahan kimia. Jadi, selama ini kalian telah bernapas dengan bahan kimia. Apakah kalian menyadari ?
        Setiap saat kita membutuhkan oksigen untuk dihirup. Pernahkan kalian berpikir seandainya tidak ada oksigen ? oksigen dibawa olah darah untuk diedarkan ke seluruh jaringan tubuh. Di dalam jaringan tubuh, oksigen melakukan reaksi pembakaran terhadap bahan makanan sehingga dihasilkan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika kekurangan oksigen tubuh dapat mengalami gangguan dan penyakit.
        Pernahkah kalian melihat orang yang kesulitan bernapas ? tersiksa sekali buka ? bahkan ada orang yang harus mengeluarkan biaya agar bisa bernapas dengan lancar. Mereka terpaksa harus bernapas dengan menggunakan bantuan tabung oksigen. Bersyukur sekali kalian dapat bernapas dengan gratis. Itu adalah nikmat tuhan yang patut kalian syukuri.
        Seperti apakah oksigen itu ? oksigen itu dapat kita lihat karena tidak berwarna. Meskipun begitu, manfaat bahan kimia yang tidak terlihat mata ini tidak diragukan lagi. Selain itu, oksigen juga tidak berasa dan tidak berbau.
        Pernahkah kalian melihat orang menyelam di dalam laut ? perlengkapan apa saja yang mereka bawa ? salah satunya adalah tabung berisi oksigen, bukan ? tabung tersebut dinamakan akualung. Akualung yaitu alat bantu pernapasan ketika menyelam. Alat tersebut diletakkan di atas punggung penyelam agar lebih mudah bernapas di dalam air.  Begitu juga dengan para astronaut. Mereka tidak lupa membawa tabung oksigen untuk membantu pernapasan di angkasa luar. Mengapa ? di angkasa luar tidak ada oksigen.
        Kalian telah mengetahui manfaat oksigen. Meskipun tidak terlihat, keberadaan oksigen dapat kalian rasakan. Bagaimana caranya ? cobalah ingat kembali saat kalian jalan pagi di taman, menikmati kesejukan hutan atau menikamati kesejukan sawah di pagi hari. Apa yang kalian rasakan ? udara yang segar, bukan ? di tempat seperti oksigen banyak kalian dapat. Tahukah kalian alasanya ? tentunya kalian masih ingat bahwa tumbuhan hujau dapat membuat makanan sendiri. Proses pembuatan makanan yang dilakukan oleh tumbuhan hijau disebut fotosintesis. Hasilnya karbohidrat dan oksigen. Karbohidrat digunakan sendiri oleh tumbuhan hijau sedangkan oksigen dilepaskan ke lingkungan.


Oksigen yang disediakan tumbuhan hijau inilah yang kita hirup. Karenanya, tempat yang banyak ditumbuhi tumbuhan hijau terasa lebih sejuk dan segar. Berbeda dengan keadaan di tengah- tengah kemacetan lalu lintas. Nah apakah kalian ingin mengundang oksigen ke rumah kalian ? bagaimana caranya ?
Lakukalah penghijauan di lingkungan rumah. Tanamlah berbagai tumbuhan. Selain membuat rumah nampak asri, udara di rumah juga kaya oksigen. Kalau kalian tidak punya pekarangan yang luas, kalian dapat menggunakan pot – pot dari kaleng bekas. Buatlah taman hijau di sekita rumah. Dengan cara ini, oksigen dapat menjadi sahabat yang menyenagkan. Tubuh kalian menjadi sehat karena cukup mendapatkan oksigen. Binalah persahabatan yang baik dengan bahan kimia yang satu ini.

        

0 Response to "kimia di sekita kita"

Posting Komentar