Tahukah Anda Penyakit ???

      Penyakit muncul ketika terjadi kegagalan fungsi normal tubuh. Penyakit dapat disebabkan oleh agen - agen asing seperti bakteri atau gangguan dari dalam seperti kanker.
    Banyak jenis penyakit yang berlangsung dalam jangka waktu yang singkat dan tubuh dapat menyembuhkannya sendiri. Namun, ada yang lebuh parah dan membutuhkan obat atau pembedahan untuk menanggulanginya. Ada dua kelompok penyakit yaitu menular dan tidak menular.


Penyakit Menular 
Ditimbulkan oleh patogen, biasanya oleh bakteri dan virus dan ada juga yang disebabkan oleh prostista bersel tunggal, seperti malaria dan penyakit tidur; oleh jamur, seperti penyakit kaki atlet atau oleh cacing parasit seperti cacing pita yang hidup dan mendapatkan makanan dari usus halus.
    Patogen menyusup ke dalam tubuh melalui berbagai cara seperti lewat mulut, hidung dan luka. Jika tidak segera dihadang oleh sistem kekebalan, patogen akan berkembang biak, menyerang jaringan dan menyebabkan infeksi. Beberapa jenis infeksi seperti flu atau campak tergolong sangat mudah menular ke lingkungan sekitar. Penyakit - penyakit ini dapat mewabah, sehingga orang - orang yang berada di lingkungannya dapat terjangkit. beberapa penyakit jenis menular seperti penyakit tidur, ditularkan melalui hewan pembawa bibit penyakit yang dinamakan hewan vektor.

Penyakit Tidak Menular
       Merupakan penyakit kematian terbesar di negara berkembang. Penyakit ini disebebkan oleh penyimpangan intruksi gen, bahkan kimia berbahaya dari lingkungan sekitar dan gaya hidup seperti kebiasaan merokok, makanan yang kurang seimbang atau kurang berolahraga atau terinfeksi faktor – faktor tersebut. Penyakit ini paling umum adalah penyakit jantung dan kanker. Ada beberapa penyakit tidak menular yang dipicu oleh faktor keturunan, seperti anemia sel sabit, dimana sel darah merah tidak berfungsi dengan wajar dan fibrosis sistikus atau kelainan dalam sistem pernapasan dan pencernaan.

sumber : Ensiklopedia IPTEK ( Makhluk hidup - Manusia) Jilid 2, hal 186 

0 Response to "Tahukah Anda Penyakit ???"

Posting Komentar